Jumat, 02 Maret 2012

siklus hidrologi

mianhae untuk yang kesekian kalinya,,,just info>>

siklus hidrologi adalah peredaran air secara umum dari laut ke atmosfer melalui peguapan,kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan,mengalir diatas permukaan, dan didalam tanah sebagai sngai yang menuju ke laut. demikian terus berulang dari waktu ke waktu.

proses siklus hidrologi berawal dari energi panas matahari yang menyinari air di permukaan bumi,yang menyebabkan sebagian air dipermukaan buni berubah menjadi uap air.peristiwa penguapan air di permukaan bumi disebut evaporasi.

proses terjadinya siklus hidrologi meliputi:
1.evaporasi,penguapan air dari laut dan darat akibat pemanasan dari matahari.
2.transpirasi,penguapan dari tumbuh-tumbuhan
3.evapotranspirasi,penguapan evaporasi dan transpirasi yang naik ke atmosfer menjadi awan.
4.kondensasi,proses perubahan wujud uap air menjadi titik titik air sebagai hasil pendinginan .
5.presipitasi,peristia terjadinya hujan.
6.infiltrasi,peresapan air hujan kedalam tanah

secara umum,siklus hidrologi dapat dibedakan menjadi:

a.siklus pendek adalah penguapan terjadi di permukaan laut,terjadi kondensasi,kemudian membentuk awan dan akhirnya terjadi hujan yang jatuh ke laut lagi

b.siklus sedang adalah penguapan terjadi dipermukaan laut,terjadi kondensasi,uap air terbawa angin,kemudian terbentuk awan diatas daratan,terjadi huja didarat,dan mengalir lagi ke laut melalui sungai dipermukaan.

c.siklus panjang adalah penguapan terjadi di permukaan laut,terjadi kondensasi,uap air terbawa angin, dan membentuk awan diatas daratan hingga ke pegunungan tinggi,kemudian jatuh sebagai salju,terbentuk gletser,mengalir kesungai,,dan selanjutnya kembali lagi ke laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar